Kamis, 6 Agustus 2020

5 Ribu Warga Jambi Buta Aksara Alquran


Selasa, 02 Juni 2015 | 14:40:05 WIB


/

JAMBI - Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), mengatakan sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur Jambi hingga saat ini, tercatat ada 5 ribu warga masih buta aksara Alquran, dari 35 ribu warga Provinsi Jambi.

"Saya mendapat laporan terakhir dari Depag (Kemenag, red), masih ada sekitar 5 ribu orang dari angka 35 ribu orang buta aksara Alquran di Jambi," ungkap HBA

Terkait informasi tersebut, HBA berharap semua pihak untuk memperhatikan masalah ini. Menurut HBA, pendidikan agama dan belajar baca Alquran harus dilakukan sedini mungkin.

"Mulai dari sekolah, terutama di tingkat SD (Sekolah Dasar), tolong anak-anaknya diperhatikan. Kan ada guru agamanya. Kita harapkan tamat SD sudah bisa baca Alquran," ujar HBA.

Lebih lanjut HBA mengatakan, pondok pesantren (ponpes) juga bisa menjadi wadah untuk melatih anak belajar baca tulis Alquran. Namun disayangkan HBA, minat anak-anak untuk belajar di ponpes sudah berkurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, HBA menegaskan agar setiap ponpes memiliki ciri khas tersendiri dan daya tarik. "Yang penting setiap pondok pesantren memiliki ciri khas, agar peminatnya bisa semakin banyak," tandasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments