Senin, 14 Oktober 2019

Kurang Personel untuk Pengamanan Pilkada Serentak, Ini Saran Kakor Brimob Polri


Kamis, 04 Juni 2015 | 10:19:39 WIB


Kakor Brimob saat menjadi inspektur upacara Penutupan Latihan Pembentukan Kompi Khusus Pelopor Satbrimob Polda Jambi
Kakor Brimob saat menjadi inspektur upacara Penutupan Latihan Pembentukan Kompi Khusus Pelopor Satbrimob Polda Jambi / Istimewa

JAMBI - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar Desember 2015 nanti, termasuk di Polda Jambi. Terkait hal ini, pengamanan maksimal akan dilakukan oleh pihak kepolisian.

"Namun jumlah anggota (polisi, red) pasti terbatas, dan pasti kurang. Untuk itu, perlu back up dari Brimob," ujar Kepala Korps (Kakor) Brimob Polri, Irjen Pol. Robby Kaligis, di Mako Brimob Polda Jambi, Kamis (4/6).

Mengatasi kekurangan personel untuk pengamanan Pilkada serentak, Robby mengatakan bisa juga disiasati dengan merekrut anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) maupun Keamanan Rakyat (Kamra) yang berasal dari pemuda lokal. Tujuannya, kata Robby, untuk memperbanyak personel pengamanan.

Lebih lanjut Robby mengatakan, tidak hanya direkrut, Linmas dan Kamra tersebut nantinya juga dilatih untuk melaksanakan tugas pengamanan Pilkada di lapangan. Pelatihan ini sendiri, sambung Robby, bisa diberikan oleh Brimob maupun polres-polres.

"Memang KPU (Komisi Pemilihan Umum) sudah menyiapkan Linmas. Tapi untuk kepolisian, bisa merekrut pemuda lokal untuk dijadikan Kamra, kemudian dilatih Brimob dan polres. Berdayakan potensi pemuda," pungkasnya.



Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments