Rabu, 18 September 2019

Selidiki Ijazah PNS, Pemprov Jambi Bentuk Tim Khusus


Kamis, 04 Juni 2015 | 11:55:42 WIB


Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskap saat memimpin apel upacara hari Senin
Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskap saat memimpin apel upacara hari Senin / Humas Provinsi Jambi

JAMBI - Maraknya pemberitaan mengenai ijazah palsu belakangan ini membuat Pemprov Jambi melakukan langkah antisipasi. Pemprov Jambi bahkan sampai membentuk tim khusus (timsus) untuk melakukan penyelidikan.

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), mengatakan pembentukan timsus ini juga karena adanya instruksi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), yang meminta agar pemerintah daerah melakukan penelitian adanya temuan ijazah palsu belakangan ini marak.

“Kita juga akan bentuk tim untuk menyelidiki apakah permasalahan tersebut juga terjadi di wilayah Provinsi Jambi. Akan kita lakukan evaluasi terkait hal ini,” kata HBA.

Ditambahkan HBA, pihaknya juga akan mengintensifkan penelitian terhadap pejabat yang termasuk kategori penggunaan ijazah palsu. Menurutnya, jika pun ada, dimungkinkan PNS yang menggunakan ijazah palsu belum terlalu lama bekerja.

“Kalau yang berumur sangat kecil kemungkinan terjadi,” ujarnya.

Selain itu, sambung HBA, pihaknya juga akan menelusuri para sarjana tamatan luar daerah, mengingat hal itu jauh dari jangkauan, serta sulit untuk dipantau pihak pemerintah daerah selama ini. Namun pejabat serta pegawai yang lainnya juga tidak luput dari penelusuran tersebut.

“Yang dikhawatirkan itu pejabat baru dan yang tamatan luar daerah,” tandasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments