Selasa, 29 September 2020

Aset Masih Jadi Ganjalan

Kegagalan Pemkot Raih Opini WTP

Senin, 08 Juni 2015 | 11:25:05 WIB


Sekda Kota Jambi, Daru Pratomo
Sekda Kota Jambi, Daru Pratomo / Amril Hidayat

JAMBI- Untuk kesekian kalinya persoalan aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi kembali menjadi ganjalan untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Pemkot masih harus puas dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Sekarang kita masih dapat opini WDP belum WTP, kita masih terganjal aset,” kata Sekda Kota Jambi, Daru Pratomo pada wartawan.
Dia menjelaskan, pendataan aset milik Pemkot Jambi terus dilakukan, namun untuk aset yang di bawah tahun 2010 belum terdata dengan baik.  

Namun untuk aset yang perolehannya dari tahun 2010 sampai 2014, menurutnya, sudah terdata dengan baik dan rapi. Dia mengatakan, pencatatan belanja di bawah tahun 2010 banyak yang tak singkron sehingga menyebabkan selisih dalam perhitungan.

Dimana, sambungnya, terjadi selisih antara pencatatan belanja dan barang. Selanjutnya kata Daru, saat ini pihaknya terus melakukan pendataan aset dengan disinkronkan dengan DPA nya. “Secara detail tak ketemu jadi kita lewat DPA diklopkan,” sebutnya.

Ditanya SKPD mana saja yang tidak klop? Sekda tak menyebutkan SKPD secara jelas. Dia hanya mengatakan, untuk pendataan aset setiap SKPD yang belum singkron asetnya akan dilakukan pendalaman DPA nya. “Mau tak mau kita dalami DPA nya, kita juga minta bantuan BPKP,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments