Sabtu, 30 Mei 2020

Kosasih Batal Maju Lewat Jalur Perseorangan


Senin, 15 Juni 2015 | 20:11:30 WIB


Kosasih batal maju melalui jalur independen
Kosasih batal maju melalui jalur independen / Solihin

KUALA TUNGKAL - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kosasih, batal maju di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tanjabbar yang akan digelar Desember 2015 nanti. Sebelumnya, Kosasih digadang-gadang bakal maju lewat jalur indenpenden atau perseorangan.

Saat dikonfirmasi, Kosasih mengatakan dirinya batal mencalonkan diri karena syarat dukungan calon yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilainya terlalu berat. Menurut Kosasih, untuk mendapatkan 8,5 persen dukungan dari jumlah penduduk dinilainya terlalu berat.

Namun walapun batal mencalonkan diri, Kosasih bersama tim dan pasangannya terlihat sempat mendatangi kantor KPU Tanjabbar pada hari terakhir pendaftaran calon perseorangan, Senin (15/6). Namun kedatangan Kosasih tersebut bukan untuk mendaftarkan diri, melainkan hanya untuk menyampaikan jika dirinya batal maju.

"Kita tidak sanggup memenuhi (persyaratan, red)-nya, terutama menyalin data baik itu NIK atau lainnya pada setiap KTP sebanyak syarat dukungan minimal yang ditentukan KPU yakni 27.002 fotocopy KTP," ujar Kosasih kepada wartawan.

Diakuinya untuk dukungan KTP sudah dipenuhi dimana dirinya mengklaim mendapat dukungan sekitar 32.000 KTP. Hanya saja, untuk menyalin data pada setiap KTP dengan batas waktu yang sangat mepet sekali tidak terkejar.

"Waktunya mepet sekali, jika ada tambahan waktu mungkin bisa. Makanya kita kordinasikan dulu ke KPU, ternyata sesuai aturan KPU tidak diperbolehkan sebab semua syaratnya harus lengkap," tandasnya.

Terpisah, Ketua KPU Tanjabbar, Afnizal, mengatakan hasil rapat pleno KPU hari ini, memutuskan pihaknya tidak menerima bakal calon perseorangan dari batas waktu yang diberikan untuk penyerahan berkas syarat dukungan calon perseorangan sesuai tahapannya.



Penulis: Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments