Sabtu, 30 Mei 2020

Waspadai DPT dan Daerah Perbatasan


Selasa, 16 Juni 2015 | 11:20:49 WIB


Maskot Pilkada serentak Provinsi Jambi, Mang Koro
Maskot Pilkada serentak Provinsi Jambi, Mang Koro / KPU PROVINSI JAMBI

JAMBI - Badan Pe­nga­was Pemilu (Bawalu) akan mewaspadai berbagai potensi kera­wan­an dalam rangka menghadapi Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember tahun ini. Selain po­litik uang, kerawanan yang akan diwaspadai adalah manipulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), tahapan pen­ca­lonan, hingga manipulasi suara.

Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan strategi khusus untuk mengantisipasi beragam jenis pelanggaran ter­sebut.

"Kami akan melakukan mapping ke semua daerah. Termasuk daerah mana saja yang sering terjadi praktik manipulasi DPT tambahan dan kapan waktu pe­langgaran itu dilakukan,” kata Asnawi.

Ditambahkan Asnawi, terkait dengan daerah perbatasan seperti Kabupaten Bungo, Tanjung Jabung Timur, serta daerah perbatasan lainnya, pengawasan tetap dilakukan seperti yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Kita juga harus mengantisipasi jangan sampai ada intervensi penguasa lokal dan pemerintah setempat pada masyarakat. Tekanan dan janji politik justru dapat menjerumuskan masyarakat," ucapnya.

Menurut Asnawi, peningkatan pengamanan di daerah perbatasan harus menjadi perhatian serius pihak kepolisian. Kemudian, polisi juga harus memperhatikan pelaksanaan Pilgub berjalan dengan baik di perbatasan.

"Masyarakat perbatasan tentu meminta perlindungan. Untuk itu perlindungan harus diberikan pada masyarakat dalam pelaksanaan Pilgub mendatang," tuntasnya.


Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments