Rabu, 23 Oktober 2019

Sentuhan Futuristis Terinspirasi Film Tron


Rabu, 27 Mei 2015 | 13:16:00 WIB


EKSOTIS: Cutting sticker bergaya ala film Tron: Legacy. Desain tersebut membuat Honda Civic FD1 milik Gabriel terkesan futuristis.
EKSOTIS: Cutting sticker bergaya ala film Tron: Legacy. Desain tersebut membuat Honda Civic FD1 milik Gabriel terkesan futuristis. / Dita/Deteksi

JPNN.com — Gabriel Kairupan, 19 akhirnya menemukan bentuk yang pas untuk mobilnya. Setelah  beberapa kali bergonta-ganti aliran modifikasi, ia kini mantap mendandani mobilnya dengan sentuhan futuristis ala film Tron: Legacy (2010).  Ya, desain visual dalam film tersebut diaplikasikan Gabriel pada Honda Civic FD1 keluaran 2008.

Dunia modifikasi menjadi passion Gaby –sapaan akrab Gabriel– sejak SMA.Tak heran, Honda Civic miliknya telah mengalami beberapa kali perubahan modifikasi total dalam berbagai aliran, mulai elegan sampai street racing.  Gaby pun mencari ide baru yang tak mainstream.

’’Mobil ini sudah mengalami sekitar lima kali perubahan modif total dari segi aliran dan tema modifikasi. Mulai elegan, street racing, hingga Tron Legacy seperti sekarang ini,’’ ujarnya.

Demi menonjolkan kesan futuristis dalam film Tron, Gaby mengecat ulang mobilnya menggunakan DuPont Paintjet black sebagai dasaran warna mobil.

Setelah itu, dia menggandeng Firuduzu Graphic Sticker. Mereka mendesain stiker Tron dengan warna red gloss agar dapat menyala.

Cutting sticker didesain dengan ketebalan garis stiker 0,5sentimeter. Gaby juga menambahkan body kitHonda Civic Type-R sertabeserta add-on, lips, dan splitter besutan Mugen.

Bagian headlamp dan stoplampdihuni LED untuk menambahkan kesan elegan. Demi menyeimbangkan keindahan di bagian belakang mobil, Gaby menggeser spoiler bawaan pabrik dengan model ducktail.

Karena Gaby juga penggemar mobil ceper (static stance), sektor kaki-kaki ikut diganti. Misalnya, velg TE37 SL Concave dibalut ban Toyo Tires DRB. Untuk meningkatkan segi keamanan, Gaby juga memasang strut bar dan mengganti racing brake pads.

Sektor interior juga digarap tak kalah rapi. Sepasang jokBridge berikut carbon dashboard cukup menunjukkan keseriusan Gaby dalam menggarap kokpit pengemudi. Meramaikan panel dasbor, HUD Auto Gauge dari iPad mini membuat dasbor Gaby berbeda dengan mobil street racing pada umumnya.

Karena hobi mendengarkan musik, Gaby tak lupa meng-upgrade sektor entertainment untuk mengedepankan kualitas suara sekaligus bisa show off saat kontes.

Mengusung aliran sound quality loud,head unit Pioneer AVH-X8650BT ditanamkan di dasbor.

Head unit itu digandengkan dengan power 4channel DLS Ultimate untukmembunyikan speakerFocal dengan sistem 3 way di bagian depan dan 2 way DLS Ultimate di belakang.

Agar mobil tak melempem saat dipacu di jalanan bebas, tenaga mobilnya disuntik lewat piggyback ECU (engine control units),intake system,racing header, dan air charged system. Perubahan tersebut, menurut Gaby, sudah sangat cukup untuk menunjang mobilitas hariannya. 


Penulis: (fgr/c14/agf)
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN

TAGS:


comments