Senin, 16 Mei 2022

Anne Avantie Desain Cincin Kawin Motif Batik

Rabu, 24 Juni 2015 | 14:23:28 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAKARTA- Anne Avantie semakin melebarkan sayapnya di dunia desain batik. Terbaru, desainer ternama Indonesia tersebut berhasil merampungkan enam motif batik Jawa Tengah.

Motif-motif ini terukir dengan indah pada cincin kawin yang terbuat dari paduan white gold, yellow gold, dan rose gold, serta dihiasi dengan butiran berlian berkualitas tinggi.

Dari enam rancangan Anne, ada satu motif cincin yang memiliki makna mendalam bagi pasangan suami istri. Yakni, Sido Mukti. Motif itu memiki makna kemakmuran serta ketentraman dunia maupun akhirat, melalui usaha dan kerja keras, keluhuran budi, ucapan, dan tindakan.

Sementara itu, lima motif lainnya adalah Wahyu Temurun, Teruntum, Parang Kusumo, Sekar Jagad, dan Sido Asih.

 

Ini arti motif tersebut:

1. Wahyu Temurun

Menyiratkan berkah kehidupan lahir batin dalam kehidupan berumah tangga. Selain itu, motif ini juga tentang keharmonisan dan kebahagiaan yang langgeng dan terjaga selama-lamanya.

2. Truntum

Bermakna cinta yang bersemi kembali, cinta yang tulus tanpa syarat, abadi dan semakin lama kian berkembang (tumaruntum).

3. Parang Kusumo

Memiliki makna bahwa kehidupan harus dilandasi dengan perjuangan untuk mencari kebahagiaan lahir dan batin, tanpa meninggalkan norma-norma yang berlaku dan sopan santun agar terhindar dari bencana.

4. Sekar Jagad

Bermakna hubungan serasi dan harmonis antara manusia dengan sang pencipta, alam, dan sesama.

5. Sido Asih

Bermakna kesetiaan atau kasih sayang yang berkelanjutan bagi sepasang pengantin.


Penulis: mg3/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN.COM

TAGS:


comments