Kamis, 28 Oktober 2021

Bahas Ranperda PDAM, Dewan Minta Disiapkan Masterplan Pemasangan Pipa

Sabtu, 27 Juni 2015 | 11:08:59 WIB


Sutiono, Anggota DPRD Kota Jambi
Sutiono, Anggota DPRD Kota Jambi / Istimewa

JAMBI - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pelayanan PDAM serta Ranperda tentang Pedoman Tarif PDAM kini tengah digodok DPRD Kota Jambi. Dua Ranperda ini menjadi penting untuk dibahas secara mendetail karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Sutiono, anggota Pansus Dua Ranperda itu mengatakan, pihaknya akan membahas satu persatu Ranperda ini. Untuk saat ini, kata Sutiono, pihaknya akan fokus pada pembahasan Ranperda pelayanan PDAM terlebih dahulu.

Dalam membuat pelayanan yang benar, Pansus juga meminta PDAM menyiapkan masterplan pemasangan pipa yang baru, serta masterplan pipa yang lama. "(Masterplan, red) itu penting untuk mengetahui mana pipa baru, mana yang lama. Jangan kita menerima keterangan saja," kata Sutiyono.

Terkait dengan pelayanan PDAM, Sutiono mengatakan pihaknya juga mempertanyakan sejauh mana fungsi pipa yang terpasang untuk mengurangi macetnya distribusi air ke pelanggan, seperti yang selama ini terjadi. Ditambahkan Sutiono, pihaknya juga mempertanyakan bagaimana kesiapan pasokan air dengan jaringan pipa baru yang terpasang.

"Jangan sampai nantinya pipa baru sudah terpasang, malah airnya pula yang tidak cukup," tukasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments