Kamis, 21 Oktober 2021

Pelaksana Tugas Dirut PDAM Tirta Mayang Harus segera ditunjuk

Senin, 29 Juni 2015 | 11:32:50 WIB


Mobil angkutan air bersih PDAM Tirta Mayang Kota Jambi
Mobil angkutan air bersih PDAM Tirta Mayang Kota Jambi / Istimewa

JAMBI – Hingga saat ini kursi Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Mayang Kota Jambi masih kosong pasca pengunduran diri Amry Dharma. Sejauh ini siapa penggantinya masih tanda tanya.

Sebelumnya Walikota Jambi, Sy Fasha, mengatakan akan segera menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Dirut PDAM Tirta Mayang, hingga terpilihnya Dirut yang definitif. Namun siapa yang ditunjuk sejauh ini belum diketahui.

Ketua Forum Jambi Bangkit (FJB), Nasroel Yasir, yang juga masuk tim seleksi Dirut PDAM Tirta Mayang beberapa waktu lalu, mengatakan pelaksana tugas harus segera ditunjuk. Apalagi saat ini kondisi PDAM banyak dikeluhkan masyarakat.

Untuk penggantinya, kata Nasroel, jika merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) tentang Organ dan Kepegawaian PDAM dan Permendagri Nomor 2 tahun 2007, maka direksi PDAM dilarang memangku jabatan rangkap. Artinya, sebut Nasroel, Direksi yang ada saat ini tak bisa menjadi pelaksana tugas dirut.

Dikatakannya lagi, yang bisa menjadi pelaksana tugas adalah pejabat setingkat kepala bagian (kabag). Namun sangat tidak mungkin seorang kabag menjadi pelaksana tugas saat direksi masih ada.

Menurutnya, penunjukan pelaksana tugas merupakan hak prerogatif walikota, namun tetap harus mengacu pada aturan yang berlaku. Melihat aturan tersebut, dia menyebutkan, walikota bisa saja menunjukkan salah satu pejabat setingkat Eselon II di lingkungan Pemkot Jambi untuk menjadi Plt Dirut PDAM Tirta Mayang.

"Kan banyak pejabat di lingkungan Pemkot Jambi. Tentu harus pejabat senior, yang tenang, dan berpengalaman," ujarnya.



Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments