Selasa, 28 September 2021

Persiapan Mudik Belum Tuntas, Jalan Masih Dikerjakan

Senin, 29 Juni 2015 | 13:43:36 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Hardiyansyah

JAMBI – Perayaan Idul Fitri kian dekat. Sementara untuk persiapan menjelang arus mudik masih juga belum siap. Sejauh ini sejumlah jalan provinsi ataupun jalan yang berstatus nasional masih dalam perbaikan, terutama jalan yang menghubungkan Jambi ke Muara Bungo.

"Kini dalam pengerjaan. Baik jalan provinsi maupun jalan nasional. H-7 pekerjaan di stop dulu karena takut arus mudik macet. Kondisi pasti sudah mantap sebelum lebaran nanti," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi, Bernhard Panjaitan.

Yang jelas, kata dia, sejauh ini pihaknya sudah mengantisipasi semua ruas jalan yang akan dilalui oleh para pemudik nanti. Baik ruas jalan rawan longsor maupun banjir. Menurut Benhard, ada 10 titik lokasi yang rawan longsor, 5 titik jalan yang rawan banjir.

Untuk memperbaiki jalan, pihaknya menjamin kondisi jalan baik serta nyaman bagi pengguna arus lalu lintas barang dan jasa. Ada beberapa ruas jalan dilalui pemudik yang perlu diantisipasi, yaitu lintas timur sepanjang 209,13 km dan lintas tengah 246,59 km.

Beberapa ruas jalan penting lainnya ialah, Bangko-Sungai Penuh, batas Kerinci-Sanggaran Agung-Sungai Penuh, Sungai Penuh batas Sumatera Barat (Sumbar)-Tapan, Sungai Penuh-Siulak Deras, Leter W batas Sumbar. Kemudian Simpang Pulau Rengas-Jangkat dan Tempino-Muara Bulian.

"Secara keseluruhan kondisi ruas jalan di Provinsi Jambi siap dalam menghadapi arus Lebaran," ujarnya.

Dia mengakui, ada beberapa titik jalan yang sedang diperbaiki. Seperti di Batanghari, Niaso, Tanjung Jabung Timur dan beberapa titik lainnya.

"Jalan nasional itu kondisi mantap 98 persen. Jalan provinsi itu 74,5 persen. Yang parah itu jalan di Simpang Niam. Sekarang tahap pengerjaan sekitar 45 kilometer," pungkasnya.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments