Minggu, 22 September 2019

Wow...! Khatam Alquran Kini Jadi Syarat Wajib Bagi Mahasiswa Unja untuk Bisa Wisuda


Kamis, 02 Juli 2015 | 21:52:41 WIB


Universitas Jambi
Universitas Jambi / sinta.unja.ac.id

JAMBI – Universitas Jambi (UNJA) mengeluarkan peraturan yang mewajibkan setiap mahasiswa yang akan diwisuda sarjana dan diploma untuk dapat melampirkan surat keterangan telah khatam Alquran bagi yang beragam muslim. Sedangkan yang beragama Kristen diwajibkan naik sidi, agama khatolik diwajibkan sakramen penguatan, dan agama lainnya disesuaikan.

Peraturan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor Unja Nomor 467/UN21/KM/2015. Keputusan tersebut mulai diberlakukan untuk wisuda sarjana dan diploma semester ganjil tahun akademik 2015/2016.  
 
Wakil Rektor Unja Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Aprizal Lukman, mengatakan peraturan ini bertujuan untuk memperbaiki moral mahasiswa, khususnya mahasiswa UNJA agar lebih baik. Dengan landasan, selama ini banyaknya kasus kriminalitas yang terjadi di masyarakat akibatnya lemahnya moral.
 
“Sekarang kan banyak pergaulan bebas, kekerasan, dan sebagainya. Itu semua karena kurangnya pemahaman terhadap agama. Jadi saya berpikir ada baiknya,melakukan sebuah langkah besar, kalau dia Islam harus khatam Al Quran, kalau protestan di wajibkan naik Sidi. Ini adalah peraturan agar anak bangsa lebih bagus pola pemahamannya terhadap moral lebih baik,” jelas Amrizal.
 
“Jadi nanti jika agamanya sudah baik, maka dia (mahasiswa, red) akan menjadi pemimpin yang baik,” tandasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments