Minggu, 25 Agustus 2019

Agustus, SKK Migas-Ranhill Mulai Eksplorasi


Selasa, 30 Juni 2015 | 10:04:17 WIB


Pembayaran dan Penandatanganan SPH
Pembayaran dan Penandatanganan SPH / Istimewa

JAMBI - Tidak berapa lama lagi SKK Migas-Ranhill Jambi Inc. Pte. Ltd. bakal ikut memberikan kontribusi nyata untuk untuk masyarakat dan kemajuan daerah. Industri yang bergerak di bidang kegiatan hulu migas ini  adalah salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) SKK Migas.  Berkantor pusat di Calgary, Canada, dan kantor operasional Indonesia berada di Jakarta.

Penandatanganan kontrak kerjasama Migas berlangsung di Jakarta pada 16 Januari 2007. Ranhill Jambi diizinkan untuk menggarap wilayah kerja Blok Batu Gajah. Lokasinya mencakup Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muarojambi. Jangka waktu kontrak kerjasama selama 30 tahun, dengan jangka waktu masa eksplorasi 6 tahun komitmen dan 4 tahun perpanjangan. Kini kegiatannya adalah eksplorasi studi, seismik, dan pengeboran.

Ada 1 sumur yang bakal segera dilakukan eksplorasi. Rencananya kegiatan ini bakal dilangsungkan pada Agustus mendatang. Oleh karena itu, saat ini berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari pembebasan lahan, pembangunan lapangan di lokasi sumur, dan lainnya.  “Prediksi kita dalam dua minggu ini selesai. Selanjutnya baru dilakukan pengeboran. Rencana kita kalau tidak akhir Agustus, dijadwalkan awal September,” kata Government Relation dan Public Affair Ranhill Jambi, Ahmad Fachrisal Lubis.

Untuk lokasi sumur berada di Tanjung Jabung Barat. Tepatnya di Desa Mandala Jaya dan Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Betara. Sejauh ini, Ranhill Jambi baru mengerjakan 1 sumur dari izin 3 sumur yang dikeluarkan oleh pemerintah. “Jalan untuk menuju ke lokasi juga sudah kita bebaskan. Malahan sudah kita bayarkan lewat BRI tanggal 10-12 Juni kemarin. Sekarang ini kita belum bisa banyak berbuat. Tapi kalau sudah eksploitasi sudah pasti akan banyak kegiatan, program CSR dan lainnya akan dilakukan. Doakan saja apa yang kami lakukan ini bisa terlaksana sesuai rencananya,” tandasnya.

Kini Jadi Harapan Masyarakat
Keberadaan SKK Migas-Ranhill Jambi Inc. Pte. Ltd. kini benar-benar menjadi harapan warga di sekitar lokasi sumur tersebut. Bila nanti sudah melakukan kegiatan eksploitasi, masyarakat berharap ada banyak manfaat bisa mereka rasakan.

Menurut Kepala Desa Mandala Jaya, Betara, Tanjung Jabung Barat, Suhaili, keberadaan Ranhill memang belum begitu dirasakan. Masyarakat baru sebatas merasakan adanya kegiatan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan. Tapi tentunya ke depan mereka berharap ada manfaat lainnya yang bisa mereka nikmati.   “Lokasi sumur Ranhill itu antara desa kita Mandala Jaya dengan Mekar Jaya,” ujarnya.

Setidaknya, kata dia, dengan keberadaan Ranhill Jambi ini bisa membuka harapan baru bagi warga. Terutama dalam hal lapangan pekerjaan. Dengan adanya kegiatan Ranhill, masyarakat sekitar bisa dilibatkan sebagai pekerja. “Itu harapan kita,” ujarnya.

Camat Betara Joko Waluyo mengakui adanya aktivitas Ranhill di dalam wilayah yang dipimpinnya. Selama ini, kata dia, aktivitas perusahaan itu cukup lancar. Yang jelas, selaku pemerintah pihaknya menyambut baik adanya aktivitas perusahaan di sektor hulu migas tersebut. “Mudah-mudahan nanti bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar,” katanya.


Penulis: tim FJM Jambi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments