Senin, 2 Agustus 2021

Kartu Kendali Bagi Pengguna Gas 3 Kg Tunggu Hasil Uji Coba

Jumat, 03 Juli 2015 | 11:24:04 WIB


Stok Elpiji Tiga Kilogram
Stok Elpiji Tiga Kilogram / Hardiyansyah

JAMBI – Rencana penggunaan kartu kendali pada pengguna gas 3 kg agar tepat sasaran, masih harus menunggu hasil uji coba. Pasalnya, saat ini pemerintah pusat tengah melakukan uji coba tersebut dibeberapa kota besar.

Jaharuddin, Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Kota Jambi mengatakan, pemerintah pusat sudah melaksanakan uji coba kartu kendali di tiga kota di Indonesia, salah satunya adalah Kota Solo. Namun dari uji coba tersebut, hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

"Dalam waktu dekat ini, akan diadakan lagi uji coba di empat kota, salah satunya Batam," katanya.

Jika hasil uji coba di empat kota ini berhasil, kemungkinan program kartu kendali bisa dilanjutkan ke kota-kota lain. Namun jika tidak berhasil, tentu program ini tidak akan terlaksana. "Kita menunggu hasil uji coba kedua ini dulu. Itu yang akan menentukan kebijakan selanjutnya," ungkap Jaharuddin.

Namun Jaharuddin mengatakan, pihaknya sudah membahas bersama Hiswana Migas mengenai kemungkinan membuat alat kendali sendiri. Hanya saja, alat kendali ini bukan berupa kartu kendali, melainkan kartu pengenal.

Ini dilakukan untuk menanggapi keluhan dari pangkalan yang mengaku kewalahan dengan pembeli yang tak terkendali. "Kita sudah lima kali rapat dengan pangkalan, itu yang mereka keluhkan. Kalau uji coba yang di pusat tidak berhasil, kita akan buat kartu pengenal. Saya kira akan efektif kalau konsekuen," tandasnya.



Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments