Kamis, 21 Oktober 2021

Tujuh Wilayah di Jambi Rawan Kekeringan

Jumat, 03 Juli 2015 | 21:57:47 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi menyebutkan sedikitnya ada tujuh wilayah di Provinsi Jambi yang saat ini dikategorikan berpotensi atau rawan kekeringan yang disebabkan musim kemarau.

“Kita pastikan sampai saat ini belum ada wilayah yang berstatus darurat bencana kekeringan. Tapi kalau yang berpotensi rawan kekeringan itu ada tujuh wilayah, umumnya ada di kawasan gambut," kata Kepala BPBD Provinsi Jambi, Arif Munandar, Jumat (3/7).

Disebutkan Arif, ketujuh wilayah tersebut yakni Kecamatan Kumpeh di Kabupaten Muaro Jambi, Kecamatan Betara dan Senyerang di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kecamatan Berbak, Dendang, dan Rantau Rasau di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Kecamatan Jambi Timur di Kota Jambi.

“Kalau kekeringan sampai tidak ada air dan menyebabkan gagal panen hingga kini belum ada laporan. Hanya saja status warga kesulitan air, tapi itu masih bisa diatasi oleh pemerintah setempat,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi, Arif mengatakan jika Provinsi Jambi telah memasuki musim kemarau sejak bulan Juni lalu.

“Musim kemarau itu hingga bulan November, dan potensi kekeringan itu juga akan meningkat," pungkasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments