Rabu, 21 Oktober 2020

Pembayaran THR Paling Lambat H-7


Sabtu, 04 Juli 2015 | 10:52:40 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1436 Hijriah tahun ini, harus dibayarkan paling lambat H-7 lebaran. Imbauan ini disampaikan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi.

Saat inii tercatat ada 2.500 perusahaan di Provinsi Jambi. Semua perusahaan ini diwajibkan secepatnya membayar THR karyawannya. "THR harus dibayarkan pada H-14 atau paling lambat H-7 lebaran nanti," ujar Zulpan, Kabid Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawas Ketenagakerjaan (Wasnaker) Dinsosnakertrans Provinsi Jambi.

Disebutkannya, ketentuan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 4 tahun 1994. Dimana, perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawan.

Ketentuan besarnya THR, sambung Zulpan, berdasarkan peraturan THR keagamaan tersebut adalah bagi pekerja/buruh yang bermasa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih maka mendapat THR sebesar satu bulan upah.

Sedangkan pekerja/buruh yang masa kerjanya baru 3 bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional, dengan menghitung jumlah bulan kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah.

Sementara untuk pekerja yang masa kerjanya masih di bawah 3 bulan, pemberian THR tergantung kebijakan perusahaan, atau bisa juga melihat dari isi perjanjian kerja bersama apabila memang diatur disana.

Dikatakan Zulpan, di Jambi ada sebanyak 2.500 perusahaan yang terdaftar dan tersebar di 11 kabupaten/kota yang mempunyai kewajiban untuk membayarkan THR kepada pekerja mereka.

Pihaknya sudah menyampaikan surat edaran kepada Dinsosnaker di setiap kabupaten/kota untuk melakukan pengawasan dan juga membuka posko pengaduan THR untuk menampung keluhan dari para buruh dan pekerja.

"Kita juga akan membuka posko pengaduan THR di Kantor Dinsosnakertrans Provinsi Jambi mulai H-10 lebaran," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments