Senin, 8 Maret 2021

Titik Panas Terus Bermunculan di Jambi


Senin, 06 Juli 2015 | 11:12:57 WIB


PADAMKAN API: Damkar dan masyarakat berusaha memadamkan api yang membakar kebun kepala sawit milik warga beberapa waktu lalu
PADAMKAN API: Damkar dan masyarakat berusaha memadamkan api yang membakar kebun kepala sawit milik warga beberapa waktu lalu / dok/Metrojambi.com

JAMBI – Titik panas atau hotspot yang terpantau satelit Aqua terra Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jambi terus bermunculan. Tercatat ada 29 titik api yang terpantau Minggu (5/7) kemarin.    

Hotspot terbanyak terpantau di Kabupaten Muaro Jambi, yakni 14 titik. Kemudian Sarolangun 4 titik, Tanjabtim 6 titik dan Tebo 5 titik. "Kondisinya terpantau ada 29 hotspot, dan 14 diantaranya angka confidennya di atas 70 persen," kata Dian Anggraini, prakirawan cuaca BMKG Jambi.    

Dijelaskannya, jika confidennya di atas 70 persen, maka hampir dipastikan terjadi kebakaran. Namun pihaknya belum bisa memastikan apakah ada lahan atau hutan yang terbakar.

Karena itu, ia mengimbau agar masyarakat mulai waspada terhadap kabut asap. Pasalnya, saat ini arah angin juga bergerak dari selatan dan tenggara yang menuju ke arah Provinsi Jambi maupun Sumatera.

Sementara untuk kondisi cuaca, Dian menyebut, diperkirakan seminggu ke depan Jambi masih dalam kondisi cerah, maupun berawan dengan suhu maksimal mencapai 34 derajat celcius. Peluang terjadinya hujan, menurutnya, sangat kecil meskipun masih ada peluang.

"Kondisinya masih cerah dan berawan di beberapa wilayah, kalau hujan peluangnya kecil," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments