Jumat, 23 Oktober 2020

Antisipasi Kebakaran Hutan, BPBD Siagakan Ratusan Personel


Senin, 06 Juli 2015 | 11:22:20 WIB


Petugas berupaya memadamkan lahan yang terbakar
Petugas berupaya memadamkan lahan yang terbakar / Istimewa

JAMBI - Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Dalmanto, mengatakan pihaknya sudah menyiagakan ratusan personel Manggala Agni, yang tersebar dibeberapa kabupaten/kota, untuk mewaspadai terjadinya darurat kebakaran hutan dan lahan.

"Personel yang disiagakan itu tersebar di pos Manggala Agni Mada Ops Kabupaten Sarolangun, Tebo, Batanghari, Bukit Tempurung, serta Kota Jambi. Sedikitnya ada 292 personil," kata Dalmanto.

Selain personel Manggala Agni, sekitar 300 personel dari masyarakat peduli api Brigade Kebakaran Hutan dan Lahan juga disiapkan untuk mewaspadai kebakaran. Tidak hanya itu, di setiap BPBD kabupaten/kota juga sudah ada Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, jumlahnya masing-masing kabupaten 30 personel.

"Artinya, semua sumber daya manusia kita kerahkan, karena ini sudah memasuki musim kemarau," bebernya.

Disinggung mengenai kebakaran yang terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur beberapa hari lalu, Dalmanto mengatakan bahwa kebakaran itu terjadi di lahan gambut milik masyarakat seluas tujuh hektar, dan sudah dipadamkan.

Sementara Kepala BPBD Jambi, Arif Munandar, mengatakan sesuai informasi dari BMKG, kemarau di Jambi diprediksi sampai dengan bulan November. Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat dan pelaku dunia usaha agar bisa meninggalkan budaya tebang bakar.

"Pola dan budaya tebang bakar memang murah simpel, tapi itu akan berdampak merugikan masyarakat banyak," kata Arif.

"Saat ini kondisi alam sudah tidak seimbang, jadi mulailah dengan pola pembersihan lahan yang ramah lingkungan dengan cara tidak membakar," pungkasnya.



Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments