Jumat, 24 Januari 2020

Dipercaya Jadi Anggota Majelis Tinggi, HBA Ikut Tentukan Capres PD 2019


Senin, 06 Juli 2015 | 11:05:50 WIB


Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus terpilih menjadi anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat
Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus terpilih menjadi anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat / Istimewa

JAMBI – Posisi Hasan Basri Agus (HBA) yang kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi, di level nasional makin diperhitungkan. Kini, Gubernur Jambi tersebut masuk dalam kepengurusan Partai Demokrat (PD).

Posisinya pun sangat strategis, dimana HBA ditunjuk oleh Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai anggota Majelis Tinggi PD. Dengan posisi itu, maka HBA termasuk dalam 15 anggota majelis tinggi yang berhak menentukan Calon Presiden (Capres) dari partai demokrat tahun 2019 mendatang.

Di Majelis Tinggi PD yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, nama HBA bersanding dengan sejumlah nama beken lainnya. Semisal mantan Menteri Perhubungan EE Mangindaan, mantan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, mantan Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, dan juga Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo.

Saat dikonfirmasi, HBA mengatakan surat keputusan pengurus baru itu sudah ditandatangani SBY di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Sabtu (4/7) lalu. Selain dirinya, kata HBA, dalam komposisi kepengurusan tersebut ada nama tokoh Jambi lainnya, yakni Indrawati Sukadis yang menjabat sebagai bendahara umum, kemudian Zulfikar Achmad dan Nuzran Joher juga masuk di kepengurusan DPP Demokrat.

"Saya ditunjuk mewakili wilayah barat. Mewakili tengah ada Pak Soekarwo yang juga Gubernur Jatim. Dari timur ada Ketua Demokrat NTB, dan khusus DKI ada Pak Nachrowi," kata HBA.

Disebutkan HBA, majelis tinggi memegang peranan penting dan amat strategis di partai. Menurut HBA, majelis tinggi dibentuk bertujuan membicarakan hal yang penting dan sangat strategis menyangkut masalah partai. Salah satunya adalah menetapkan calon presiden dari Partai Demokrat.

"Majelis tinggi partai juga berkewenangan menetapkan gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh Demokrat," bebernya.

Mantan Bupati Sarolangun ini tidak menyangka jika dirinya bakal ditunjuk menjadi anggota majelis tinggi PD. Sebab HBA merasa masih banyak kader Demokrat potensial yang patut duduk di kepengurusan itu.

"Ini sebuah kehormatan. Tentu saya akan terima dan emban amanah ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments