Sabtu, 16 November 2019

Permintaan Daging di Kota Jambi Masih Normal


Senin, 06 Juli 2015 | 13:52:36 WIB


Permintaan daging sapi masih normal
Permintaan daging sapi masih normal / Hardiyansyah

JAMBI – Permintaan daging di Kota Jambi selama Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Untuk tahun ini, hingga pertengahan puasa permintaan daging di pasaran masih normal. Peningkatan permintaan hanya sempat terjadi tiga hari sebelum puasa.

Ini dikatakan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (Distan) Kota Jambi, Said Abubakar. Disebutkannya, di awal puasa terjadi lonjakan permintaan daging. Saat itu, jumlah sapi yang dipotong sekitar 134 ekor, sesuai dengan prediksi.

"Saat ini permintaan daging sudah normal kembali. Jumlah yang dipotong normal seperti hari biasa," kata Said.

Untuk harga normal, berkisar antara Rp 110 ribu hingga Rp 120 ribu. Disampaikannya, lonjakan permintaan daging diperkirakan kembali akan terjadi sekitar H-3 menjelang lebaran.

Said mengatakan, pihaknya memprediksi kebutuhan saat itu sekitar 483 ekor. Diharapkannya, kepada masyarakat untuk tidak menumpuk membeli daging di H-3.

"Kalau beli daging jangan mulai H-3, sebaiknya lebih awal supaya tidak berdesakan," ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya lonjakan harga, Said menyebutkan pihaknya juga akan mengadakan Operasi Pasar di sejumlah pasar tradisional. Lalu bagaimana dengan keamanan kesehatan daging di pasaran? Said mengatakan, hingga saat ini daging yang ada di pasaran aman dikonsumsi.

"Kita ada tim yang pantau daging di pasaran, hingga lebaran nanti," tukasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments