Selasa, 29 September 2020

Kasihan, Warga Harus Jalan Kaki 3 Km untuk Dapatkan Air Bersih


Senin, 06 Juli 2015 | 21:34:18 WIB


/ Riki Saputra

BANGKO – Krisis air bersih akibat musim kemarau kini melanda Desa Mudo, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin. Saat ini, untuk mendapatkan air bersih warga harus berjalan kaki sejauh 3 km menuju sumber mata air yang berada di tengah hutan.

“Sumur yang dalamnya sekitar 18 hingga 19 meter saja sudah, karena hutan tindak turun,” sebut Sayuti, warga RT 7 Desa Mudo saat dikonfirmasi.

“Pagi, sore, bahkan malam hari warga harua berjalan kaki sejauh 3 km ke dalam hutan untuk mendapatkan air. Mau tidak mau kita harus melakukannya karena kita butuh air,” tandasnya.

Hal senada disampaikan M Ali, Ketua RT 7 Desa Mudo. Ali menyebutkan setiap musim kemarau daerah tersebut selalu dilanda kekeringan, dan kesulitan air bersih.

“Sejauh ini tidak ada satupun solusi yang diberikan pemerintah. Bahkan satu tangki air bersih pun tidak pernah datang ke desa kami," ungkapnya.

Ditambahkan Ali, selama ini Desa Mudo belum pernah mendapat bantuan dari pihak pemerintah daerah. Untuk itu warga berharap agar pihak PDAM melakukan penyambungan saluran air ketempat mereka.
 
Ini agar warga kami tidak kesulitan air lagi," pungkasnya.




Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments