Minggu, 9 Agustus 2020

Hutan Pematang Damar Terbakar, Berbagai Jenis Anggrek Terancam


Selasa, 07 Juli 2015 | 00:02:44 WIB


Kawasan Hutan pematang Damar yang terbakar.
Kawasan Hutan pematang Damar yang terbakar. / Hardiyansyah

SENGETI - Kebakaran hebat terjadi di Hutan Pematang Damar di Kecamatan Marosebo, Muaro Jambi, yang oleh pemerintah dijadikan kawasan konservasi berbagai jenis angrrek. Dengan adanya kebakaran ini, berbagai jenis anggrek yang ada di lakah konservasi tersebut kini terancam.

Wakil Ketua Gerakan Muaro Jambi Bersekat (GMB), Adi Ismanto, mengatakan kebakaran sudah menyebabkan sekitar 10 hektare lahan setempat hangus. “Kondisinya memang sedang terbakar. Api masih menyala di beberapa titik,” sebut Adi, Senin (6/7).

Menurut dia, kebakaran di kawasan hutan Pematang Damar itu sudah terjadi sejak seminggu lalu. Hanya saja sebelumnya api masih belum begitu besar dan hanya membakar sisi pinggir hutan. “Saya baru dari dalam hutan siang tadi. Apinya sudah masuk ke dalam hutan," ucapnya.

Dikatakannya lagi, dari pantauan di lokasi kejadian, api berasal dari beberapa titik dan dari beberapa desa yang mengelilinginya. Setidaknya api berasal dari kawasan Jambi Tulo, Mudung, dan Bakung.

“Ini artinya api sudah mengepung lahan hutan damar. Jika tidak ada tindakan, saya yakin dalam beberapa hari hutan ini akan habis," pungkasnya.



Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments