Rabu, 11 Desember 2019

Ratusan Hektar Sawah di Sarolangun Kekeringan


Selasa, 07 Juli 2015 | 14:09:48 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

SAROLANGUN - Musim kemarau yang saat ini melanda Kabupaten Sarolangun mengakibatkan ratusan hektar sawah masyarakat mengalami kekeringan. Bahkan aliran Sungai Batang Tembesi juga tampak surut.

Adapun informasi yang berhasil diperoleh, akibat kemarau ini ada sedikitnya 667 hektar sawah di Kecamatan Pelawan yang sudah ditanami petani kekurangan pasokan air. Areal persawahan tersebut tersebar di lima desa, yakni Lubuk Sepuh, Pulau Aro, Bukit, Pasar Pelawan, dan Lubuk Sayak.

Pelaksana Tugas (Peltu) Kepala Dinas Pertanian Sarolangun, Dulmuin, mengatakan kekeringan yang dialami ratusan hektar sawah di Kecamatan Pelawan tersebut masih tergolong ringan dan bisa diatasai. Dikatakan Dulmuin, begitu mendapatkan laporan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), pihaknya bersama Danramil langsung mengecek ke lapangan.

"Kemarin sudah kita cek bersama Danramil, memang benar terjadi kekeringan namun masih tergolong ringan dan masih bisa diatasi," jelasnya.

Disebutkan Dulmuin, pihaknya telah memperbantukan beberapa unti mesin pompa air kepada petani di daerah Pelawan tersebut. "Kita bantu dengan mesin pompa air, untuk menyedot air dari sungai ke sawah petani," tandasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments