Minggu, 26 Mei 2019

Ya Ampun... Bangun Kolam di Atap Pabrik Sepatu, Gedung Ambruk Timpa Pekerja


Senin, 06 Juli 2015 | 14:33:24 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / news.cnn

BEIJING - Nasib nahas menimpa para pekerja pabrik sepatu di Wenling, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, Sabtu (4/7). Gedung pabrik tempat mereka bekerja tiba-tiba saja ambruk.  

Sebelas orang dilaporkan tewas. Sebanyak 40 pekerja berhasil selamat dan 33 orang di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka-luka. Kondisi empat orang cukup kritis. Selain itu, masih ada tiga orang yang dinyatakan hilang.
   
Xinhua melaporkan, gedung itu ambruk pada pukul 16.00 waktu setempat. Saat ini penyebab ambruknya gedung tersebut masih diselidiki. Namun, diduga pembangunan kolam berukuran besar di bagian atap menjadi penyebabnya.
 
Pemerintah pun menerjunkan 53 mobil pemadam kebakaran, 302 anggota tim pencari, dan 5 anjing pelacak untuk mencari korban yang mungkin masih tertimbun reruntuhan. Tidak tertutup kemungkinan jumlah korban terus bertambah. Sebab, pencarian pekerja yang hilang masih dilakukan.
 
Insiden gedung roboh, tampaknya, sudah menjadi hal yang biasa di Tiongkok. Alasannya, banyak bangunan yang telah dimakan usia. Konstruksi bangunan-bangunan yang masih baru sering kali melanggar aturan dan perizinan.

Selain pabrik, bangunan berupa flat kerap tiba-tiba hancur. Biasanya ada penambahan lantai tanpa izin. Bahkan, fondasinya tidak diperkuat.


Penulis: AFP/BBC/sha/c14/tia/ray/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN.COM

TAGS:


comments