Minggu, 25 Agustus 2019

Penyebaran Paham ISIS Belum Ditemukan di Tanjabtim


Rabu, 08 Juli 2015 | 14:04:43 WIB


Kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS)
Kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS) / dok.JPNN

MUARA SABAK - Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Abdul Aziz, mengatakan sejauh ini di Kabupaten Tanjabtim belum ditemukan adanya penyebaran paham ISIS (The Islamic State of Iraq and Syria) di Tanjabtim.

"Sepertinya belum ada penyebaran paham ISIS di Tanjabtim. Sampai saat ini belum ada laporan dari KUA yang ada di setiap kecamatan maupun PPAH soal hal ini," ujar Aziz, Rabu (8/7).

Sementara itu pihak kepolisian hingga saat ini terus melakukan antisipasi terhadap kemungkinan masuknya pengaruh ISIS ke Tanjabtim. "Pencegahan menyebarnya ISIS di Tanjabtim tetap kami lakukan," kata Kasat Intelkam Polres Tanjambi, AKP Suwanto, saat dikonfirmasi.

Salah satu upaya pencegahan, lanjut Suwanto, yakni dengan memantau aktivitas organisasi-organisasi yang ada di Tanjabtim. "ISIS biasanya menyusup ke masyarakat melalui organisasi radikal, ini yang patut kami awasi," ujarnya.

Langkah lain yang dilakukan pihak Polres Tanjabtim untuk mencegah masuknya ISIS, yakni dengan turun langsung ke masyarakat. Caranya, kata Suwanto, setiap anggota diperintahkan mendatangi empat kepala keluarga setiap bulannya untuk memberikan pemahaman soal ISIS.

"Cara ini cukup efektif dan akan lebih cepat untuk mencegah masuknya paham ISIS," pungkasnya.



Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments