Minggu, 26 September 2021

Tiga Kali Pemungutan Suara, Dua Kandidat Rektor IAIN Peroleh Suara Imbang

Kamis, 02 Juli 2015 | 21:00:40 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Proses pemilihan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi, Kamis (2/7)m berlangsung alot. Bahkan setelah tiga kali dilakukan pemungutan suara, tidak ada kandidat yang berhasil keluar sebagai pemenang.

Untuk diketahui, ada empat kandidat yang maju pada ajang pemilihan Rektor IAIN STS Jambi tersebut. Mereka adalah Hasbi Umar (nomor urut 1), Suaidi (nomor urut 2), Hadri Hasan (nomor urut 3), dan Hilmi (nomor urut 4).

Pada pemungutan suara pertama, Hadri Hasan dan Hasbi Umar sama-sama memperoleh 14 suara. Sedangkan Hilmi dan Suaidi, tidak memperoleh suara sama sekali. Proses pemilihan tersebut juga tidak dihadiri Hilmi, karena bukan merupakan anggota senat.

Karena tidak ada pemenang, akhirnya disepakati untuk melakukan pemungutan suara kedua, dan hasilnya tetap sama, Hadri Hasan dan Hasbi Umar sama-sama memperoleh 14 suara. Begitu juga saat pemungutan suara ketiga, tetap tidak ada pemenang, karena Hadri Hasan dan Hasbi Umar tentap memperoleh masing-masing 14 suara.

Dikarenakan tetap tidak ada pemenang, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pemilihan Rektor IAIN STS Jambi tersebut diambil alih pusat, dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag). “Jika sudah tiga kali draw (tidak ada pemenang, red), maka keputusan diserahkan ke pusat,” ujar Samsu, ketua panitia pemilihan Rektor IAIN STS Jambi saat dikonfirmasi.

Namun Samsu mengatakan, untuk diusulkan ke pusat harus ada tiga kandidat. Akhirnya, kata Samsu, nama Hilmi masuk dalam tiga nama yang diusulkan ke pusat.

“Sesuai ketentuan, untuk diusulkan ke pusat harus tiga kandidat,” pungkasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments