Senin, 21 September 2020

Pelabuhan Merak Diteror Bom


Kamis, 16 Juli 2015 | 11:53:01 WIB


Suasana ramai para pemudik
Suasana ramai para pemudik / Istimewa

PADA H-2 Lebaran, ribuan pemudik yang memadati Pelabuhan Merak digegerkan penemuan benda mencurigakan yang diduga bom
Benda tersebut diletakkan di ventilasi toilet perempuan dekat pintu keluar pemudik pejalan kaki kemarin (15/7) sekitar pukul 00.30. Dugaan itu mengemuka lantaran ada kabel yang menjulur pada benda yang terbungkus tersebut.

Informasinya, penemuan benda mencurigakan itu bermula ketika seorang pemudik hendak pergi ke toilet dan melihat benda tersebut. Karena takut dan curiga, dia langsung melaporkan hal itu kepada polisi agar dapat segera ditindaklanjuti.

Kapolres Cilegon Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anwar Sunarjo menjelaskan, pihaknya mendapat laporan bahwa ada benda mencurigakan -diduga bom- di sebuah toilet umum. "Kami menerima laporan dari petugas kebersihan bahwa ditemukan sebuah benda mencurigakan yang diduga sebagai bom," katanya kemarin di Cilegon, Banten.

Untuk memastikan keamanan di Pelabuhan Merak, tim gegana (penjinak bom) Brimob Polda Banten langsung menangani kasus tersebut. Benda yang diduga bom itu langsung diamankan dan dibawa ke Mako Brimob Polda Banten. "Sudah ditangani tim gegana. Barangnya juga sudah dibawa ke markas," ujarnya.

Kapolda Banten Brigjen Boy Rafli Amar menegaskan bahwa benda mencurigakan yang menggemparkan pemudik di Pelabuhan Merak tersebut bukan bom. "Tadi sudah dicek dan isinya bukan berupa bahan peledak. Hanya dibikin seolah mirip bahan peledak. Kejadian ini hanya ingin membuat suasana takut di pelabuhan dan pemiliknya ingin menjadikan kawasan pelabuhan tidak kondusif," terangnya.

Boy menjelaskan, hingga kemarin pihaknya lebih memperketat pengawasan di sekitar pelabuhan dan jalur mudik Lebaran 2015. Itu dilakukan agar keamanan dan keselamatan para pemudik lebih terjaga. Juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. "Pengawasan selalu kami tingkatkan."

Setelah ditemukannya benda mencurigakan yang diduga bom di toilet perempuan, selang beberapa jam polisi kembali mene­mukan dua benda mencurigakan lain yang dibungkus kardus dan tas. Lokasi dua benda tersebut berada di sekitar area parkir kendaraan di Pelabuhan Merak.

Meski demikian, hal itu tak mengganggu aktivitas pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera. Sebab, hingga kemarin sore penumpang terus memadati Pelabuhan Merak.


Penulis: mg10/JPG/c9/end
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN

TAGS:


comments