Sabtu, 8 Agustus 2020

Ratusan Warga Bakar Rumah Pencuri Kerbau


Rabu, 22 Juli 2015 | 21:37:32 WIB


Rumah pelaku pencuri kerbau yang dibakar massa.
Rumah pelaku pencuri kerbau yang dibakar massa. / Ade Sukma

MUARA TEBO – Ratusan warga Desa Sungai Keruh, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (22/7), melakukan pembakaran terhadap dua unit rumah serta satu unit sepeda motor yang diduga milik pelaku pencurian kerbau yang baru saja tertangkap.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa ini bermula Selasa (21/7) malam sekitar pukul 23.00 WIB, saat warga mengatakan seorang pencuri kerbau berinisial AA. Kemudian sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (22/7) dini hari, warga mengamankan pelaku lainnya yang berinisial MY.

Kedua pelaku kemudian dibawa ke rumah kepala desa setempat. Setelah terjadi perundingan, akhirnya disepakati kedua pelaku akan disidang adat. Berdasarkan kesepakatan, sidang adat akan digelar Rabu (22/7) malam pukul 20.00 WIB.

Namun Rabu pagi tadi, ratusan warga mendatangi rumah kedua pelaku. Tanpa bisa dicegah, warga lantas melakukan pengrusakan dan membakar rumah pelaku.

“Pengrusakan didyga dipicu oleh tertangkapnya dua orang yang diduga sebagai pelaku pencurian kerbau,” kata Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Sahlan, saat dikonfirmasi.

“Begitu ada kejadian kita langsung turun ke lapangan untuk menenangkan massa. Sementara itu kedua pelaku langsung kita bawa ke Polres Tebo untuk dilakukan pemeriksaan,” lanjut Sahlan.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Sahlan, kedua pelaku diketahui pada Minggu (12/7) lalu telah mencuri dua ekor kerbau di arela PT SKU yang berlokasi di Desa Sungai keruh. “Saat ini kasusnya masih kita selidiki, karena dari pengakuan dua pelaku yang sudah ditangkap ini, ada keterlibatan pihak lain dalam kasus ini,” pungkasnya.




Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments