Selasa, 11 Agustus 2020

Bupati Mendadak Datang, Pegawai Pemkab Merangi Kalang Kabut


Rabu, 22 Juli 2015 | 21:40:12 WIB


Bupati Merangin saat melakukan sidak kehadirian pegawai Pemkab Merangin.
Bupati Merangin saat melakukan sidak kehadirian pegawai Pemkab Merangin. / Riki Saputra

BANGKO – Puluhan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin diketahui tidak masuk kerja pada hari pertama kerja usai libur lebaran, Rabu (22/7). Ini diketahui dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Bupati Merangin, Al Haris, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, Sibawaihi.

Pantauan di lapangan, kedatangan Haris dan rombongan yang mendadak membuat pegawai sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kalang kabut. Mereka tampak berlari mengejar absent. Namun sayangnya, sejumlah pegawai yang belum mengisi absen hanya bisa pasrah karena Haris sudah lebih dulu mengambil absensi pegawai tersebut.

“Sidak ini kita lakukan untuk mengecek kehadiran pegawai pada hari pertama kerja usai libur lebaran. Biasanya pegawai sering terlena dengan libur lebaran,” ujar Haris saat dikonfirmasi usai melakukan sidak.

“Banyak modus yang dilakukan pegawai untuk menambah libur. Kadang-kadang alasannya dibuat-buat,” sambung Haris.

Lebih lanjut Haris mengatakan, pada hari pertama kerja usai libur lebaran ini hanya sekitar 10 persen pegawai yang tidak hadir. Ditegaskan Haris, bagi pegawai yang tidak hadir tanpa ada keterangan yang jelas, akan dikenakan saksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 dan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Yang tidak hadir jelas kita sanksi sesuai aturan di PP 53 dan Undang-Undang ASN. Absensi kita ambil untuk dievaluasi,” pungkasnya.




Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments