Rabu, 12 Agustus 2020

Sssstttt! Di Kota Jambi Ternyata Ada Perusahaan yang Tidak Mau Bayar THR Karyawan


Jumat, 24 Juli 2015 | 11:34:35 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Meski sudah ada aturan mengenai pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) yang merupakan hak karyawan, ternyata di Kota Jambi masih ada perusahaan yang tidak memenuhi kewajibannya tersebut. Akibatnya, perusahaan itu dilaporkan ke Dinas Sosial dan Tenaga (Dinsosnaker) Kota Jambi.

Kepala Dinsosnaker Kota Jambi, Kaspul, mengatakan ada dua perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban membayar THR kepada karyawannya. Kaspul mengatakan, hal ini diketahui setelah pihaknya menerima laporan dari karyawan dua perusahaan tersebut.

Saat ini, lanjut Kaspul, pihaknya sedang mengadakan mediasi dengan perusahaan untuk segera memenuhi kewajibannya. "Berdasarkan laporan, ada dua perusahaan yang tidak bayar THR. Saat ini kita lagi mediasi," kata Kaspul.

Sayangnya, Kaspul enggan membeberkan nama perusahaan tersebut. Ia hanya mengatakan jika kedua perusahaan tersebut akan dipanggil untuk ditanyakan alasan tidak memberikan hak karyawan.

Berdasarkan pengalaman, sambung Kaspul, ketika dipanggil dan diberi penjelasan, pihak pengusaha biasanya segera melaksanakan kewajibannya. "Biasanya kalau sudah dipanggil, langsung dibayar," sebutnya.

Ketika ditanyakan apa sanksi yang diberikan? Kaspul mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan sanksi sebelum mendengar jawaban langsung dari pengusaha yang bersangkutan. "Kadangkala pengusaha pura-pura tidak tahu, dan anggap karyawan tidak tahu haknya. Nanti kita jelaskan aturan kepada mereka. Biasanya sudah mediasi dibayarkan," pungkasnya.



Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments