Rabu, 12 Agustus 2020

Masih Ada Jerat Harimau di Wilayah TNKS


Jumat, 10 Juli 2015 | 11:15:50 WIB


Taman Nasional Kerinci Seblat.
Taman Nasional Kerinci Seblat. / blog.umy.ac.id

BANGKO - Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat hingga saat ini masih belum bebas jerat harimau. Pada tahun 2015 ini, masih ditemukan beberapa jerat harimau di beberapa lokasi.    

Meski begitu, Dian Risdianto, Kepala Seksi Pengelolaan TNKS Wilayah II mengatakan, bahwa perburuan harimau jelang lebaran tahun ini justru berkurang dari sebelumnya.

"Tim kita belum selesai menyisir seluruh wilayah TNKS. Biasanya lewat pertengahan puasa puluhan jerat kita temukan. Sementara kini cuma beberapa jerat saja," ungkapnya.

"Sedikit temuan jerat justru timbul pertanyaan, apakah harimaunya tidak ada lagi atau pemburunya berkurang," sambung Dian.

Wilayah TNKS yang menjadi titik perburuan harimau Sumatera yakni kawasan Muara Emat, Kabupaten Kerinci. Ini berdasarkan temuan jerat harimau oleh Tim Tiger.

"Sementara untuk wilayah Merangin belum selesai kita sisiri. Jadi belum ada laporannya, tapi sepertinya jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya," ujarnya.

Untuk mengawasi harimau Sumatera dari acaman perburuan, Dian mengatakan pihaknya aktif melakukan operasi sapu jerat setiap bulannya di wilayah Kerinci, Merangin, dan Bungo. "Wilayah kita mencangkup beberapa kabupaten tersebut. Kita rutin melakukan pengawasan. Tim Tiger namanya yang melakukan patroli rutin," tuntasnya.



Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments