Selasa, 16 Agustus 2022

4 Gunung Berapi Berusia 50 Juta Tahun Ditemukan di Bawah Laut Australia

Selasa, 14 Juli 2015 | 14:11:07 WIB


Gunung api Australia
Gunung api Australia / csiro

SYDNEY - Tim dari badan ilmu pengetahuan nasional Australia (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation/CSIRO), secara tidak sengaja menemukan empat gunung berapi tidak aktif di bawah laut lepas pantai Sydney, Australia. Mereka menemukannya saat mencari tempat berkembang biak udang larva.

Sekelompok gunung berapi tersebut diperkirakan berumur sekitar 50 juta tahun. Para peneliti mengatakan temuan ini kemungkinan akan memberikan sejumlah jawaban tentang bagaimana Australia berpisah dari Selandia Baru.
Gunung ini ditemukan sekitar 250 km lepas pantai Sydney.

"Ini adalah untuk pertama kalinya gunung berapi ini terlihat," ujar ahli gunung berapi Richard Arculus seperti dilansir AFP, Senin (13/7).

Para ilmuwan menggambarkan, puncak gunung terbesar dari yang mereka temukan itu berkisar setinggi 700 m di atas dasar laut, dengan lubang kawah selebar 1,5 km.

Penemuan ini disebut Arculus membutikan bahwa memetakan bumi terkadang lebih sulit dibanding planet lain. "Kami lebih mengetahui topografi permukaan Mars dibandingkan bumi sendiri karena tidak adanya hambatan air. Saya pikir setiap memperhatikan dasar laut, bisa dlihat melihat hal-hal yang mungkin tidak pernah disaksikan sebelumnya," ujar Arculus.


Penulis: adk/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN.COM

TAGS:


comments