Selasa, 19 November 2019

Hari Ini KPU Tetapkan Cagub Terpilih, Paslon Diharapkan Hadir


Rabu, 23 Desember 2015 | 10:57:26 WIB


KPU Provinsi Jambi menggelar pleno rekapitulasi pilgub 2015
KPU Provinsi Jambi menggelar pleno rekapitulasi pilgub 2015 / Hardiyansyah

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi hari ini, Rabu (23/12), tetapkan Calon Gubernur Jambi terpilih pasangan Zumi Zola (ZZ)–Fachrori Umar (FU). Penetapan ini menyusul tidak adanya gugatan yang di layangkan oleh pasangan Hasan Basri Agus (HBA)-Edi Purwanto (EP) ke Mahkamah Konstitusi.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi, mengatakan penetapan ini sendiri direncanakan di hotel Abadi pada pukul 14.00 Wib. Pada penetapan ini, pihaknya juga mengundang kedua paslon yakni pasangan HBA-EP dan ZZ-FU.

“Kedua paslon kita undang, harapan kita kedua pasangan ini dapat hadir,” ujar Sanusi, Selasa (22/12) kemarin.

Dengan di undangannya kedua paslon ini, bagi Sanusi merupakan pendidikan politik yang di pertunjukkan kepada masyarakat. Apalagi, kedatangan ini menunjukkan sikap kenegarawan terlepas siapapun yang berhsil mendapatkan kepercayaan masyarakat.

“Masyarakat butuh pendidikan politik dan sikap negarawan. Harapan kita seperti itu,” katanya.

Meskipun demikian, jika salah satu paslon tidak memenuhi undangan,  juga tidak mengganggu proses penetapan yang akan di lakukan  oleh KPU. “Andai tak datang, ya tak membatalkan proses yang kn KPU lakukan besok (hari ini, red),” ucapnya.

Setelah penetapan di lakukan, selanjutnya KPU akan menyiapakan dokumen untuk pengusulan pelantikan yang di lakukan oleh Mendagri. Hanya saja, berkas ini akan diserahknnya ke DPRD dan pihak pemerintah Provinsi Jambi untuk penyerahan dukumen menuju pelantikan ini.

“KPU akan menyiapkan dokumen hasil dan dokumen penetapan hasil. Selanjutnya akan di dorong dan di serhkan  ke DPRD dan Pemerintah Provinsi Jambi untuk di usulkan ke Mendagri,” tandasnya.


Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments