Rabu, 4 Agustus 2021

Hari Ini Penukaran Uang Mulai Dibuka

Kamis, 02 Juli 2015 | 11:16:09 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok.JPNN

JAMBI – Mendekati lebaran, sepertinya sudah menjadi tradisi masyarakat untuk menyiapkan uang pecahan kecil guna dibagikan sebagai "Tunjangan Hari Raya (THR)" bagi kerabat dan keluarganya. Karena itu, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jambi sudah mengatisipasi hal ini.

Masyarakat yang ingin menukarkan uang recehan baru, tahun ini tidak lagi dilakukan di Bank Indonesia Perwakilan Jambi. Namun penukaran uang pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, dan sebagainya, akan dilayani dibeberapa tempat.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, V Carlusa, mengatakan sudah disiapkan mobil kas keliling untuk penukaran uang baru tersebut. Mobil ini keliling di lima lokasi dalam Kota Jambi dan tiga lokasi di luar Kota Jambi. 

Namun untuk lebih mengoptimalkan dan mempermudah penukaran uang kepada masyarakat, Kantor Perwakilan BI Jambi juga bekerjasama dengan tujuh bank umum di Kota Jambi. Mulai hari ini, Kamis (2/7), bank ini akan melayani penukaran uang kepada masyarakat tanpa dipungut biaya setiap hari kerja mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Tujuh bank itu yakni, Mandiri Sipin, BRI Sutomo, Bank Jambi Telanaipura, BTN Selincah, BCA Nusa Indah, dan Bank Bukopin di Terminal rawasari Kota Jambi.  

BI Jambi juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan penukaran uang rupiah di loket resmi yang telah ditetapkan agar terhindar dari uang palsu, pemotongan atau pengenaan biaya dalam penukaran.

Selain itu, masyarakat Jambi diminta berhati-hati dalam melakukan transaksi tunai. Teliti uang rupiah yang dierima dengan teknik 3D, dilihat, diraba dan diterawang. Juga diimbau mengunakan kartu kredit untuk menghindari resiko membawa uang tunai dalam jumlah banyak.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments