Selasa, 21 Mei 2019

Tim Investigasi Salahkan Pihak Mal Atas Tewasnya Wanita yang Tertelan Eskalator


Kamis, 30 Juli 2015 | 11:14:25 WIB


Wanita tertelan eskalator
Wanita tertelan eskalator / Reuters

BEIJING - Tim investigasi terus berlanjut menyelelidiki terkait tewasnya seorang pengunjung salah satu mal terbesar di Jingzhou, Provinsi Hubei, Tiongkok beberapa waktu lalu.

Hasil investigasi awal, penyidik menyalahkan pihak pengelola mal dan produsen salah satu eskalator yang lalai dalam fasilitasnya sehingga menyebabkan kematian ibu muda tersebut.

Wanita itu dalam keadaan terjepit berhasil mendorong anaknya agar selamat sebelum ia tertelan ke dalam eskalator yang masih berjalan pada hari Minggu lalu.

Penyidik menyimpulkan bahwa staf toko tidak mendapatkan pelatihan dan seharusnya mematikan mesin turun lebih awal. Peristiwa mengerikan yang terjadi di Jingzhou, Provinsi Hubei, telah memicu kemarahan meluas di department store.

Xiang Liujuan, 30, sedang menaiki tanggal berjalan itu dengan anaknya, dan saat ia melangkah ke panel logam di bagian atas eskalator. Sayangnya panel itu terbuka dan kakinya masuk ke dalam tangga berjalan dan menyeretnya ke bawah.

Rekaman CCTV menangkap Xiang hanya bisa menyelamatkan anaknya sebelum tertelan ke dalam eskalator department store Anliang yang masih berjalan.

Dalam laporan awal, lima menit sebelum kecelakaan, anggota staf telah melihat bahwa panel longgar, tapi tidak ada instruksi yang diberikan dan eskalator tidak dihentikan.

"Perusahaan tidak memberikan pelatihan yang memadai pada staf tentang bagaimana menghadapi situasi darurat eskalator, dan tidak pernah ada pelatihan. Ini yang menyebabkan makanya eskalator tidak ditutup (sebelum kecelakaan)," katanya.

Penyidik investigasi juga mengkritik produsen, Shenlong Lift Ltd, atas desain panel logam produk yang tidak safety karena mudahnya panel-panel tersebut longgar.


Penulis: BBC/ray/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments