Rabu, 15 Juli 2020

Guna Percepatan Pembangunan, DPD RI Minta Pemda Koordinasi


Kamis, 30 Juli 2015 | 22:55:58 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/metrojambi.com

JAMBI – Ketidakkompakan antara pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ditenggarai menjadi penghambat percepatan pembangunan di daerah. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPD RI, Faruk Muhammad, saat rapat kerja Anggota DPD RI Provinsi Jambi dengan para pemangku kepentingan daerah, di Hotel Aston, Kamis (30/07).

“Karena itu kita minta daerah harus koordinasi dengan DPD RI. Kita harus kompak untuk percepatan pambangunan di daerah. Saya harapkan agar gubernur dan para bupati, kalau ada aspirasi ke pusat, tolong berikan tembusan ke anggota DPD RI yang mewakili Provinsi Jambi, agar bisa kita dorong," kata Faruk.

Dikatakannya lagi, DPD memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan roda pemerintahan daerah. Sebab, saat ini banyak juga program yang diperjuangkan ke pusat berorientasi sebuah keuntungan.

“Kalau tidak ada pengawasan maka akan terjadi sebuah negosiasi, kamu punya berapa, dan kamu mau kasi aku apa," ungkapnya.

Selain itu, Faruk juga menyampaikan keprihatinannya terhadap banyaknya kepala daerah yang tersangkut masalah korupsi. Dengan kondisi tersebut, DPD RI berkomitmen akan menciptakan tata kelola daerah yang akuntabel dan membangun kerja sama kepada lembaga KPK. Harapannya, penyelenggara pemerintah di Jambi terbebas dari unsur KKN.

“Kami akan menciptakan tata kelola daerah yang akuntabel supaya pemerintahan Jambi menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments