Jumat, 18 Oktober 2019

Dewan: Bentrok di Kerinci Harus Diselesaikan Melalui Tokoh Masyarakat


Jumat, 31 Juli 2015 | 23:52:19 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Bentrokan yang terjadi antara warga Desa Sanggaran Agung dan Pulau Pandan, Kabupaten Kerinci, ikut menjadi perhatian anggota DPRD Provinsi Jambi, Gusrizal. Politisi asal Kerinci ini mengatakan, untuk mencari akar permasalahan dari bentrokan tersebut, tokoh adat dan tokoh masyarakat kedua desa perlu duduk bersama.

“Coba tahan diri. Mari kita duduk bersama, antara tokoh masyarakat dan tokoh adapt. Kita selesaikan persoalan segera mungkin," kata Gusrizal, Jumat (31/7).

Tidak hanya itu, politisi Partai Golkar ini juga berharap kepada aparat penegak hukum dan pemerintah daerah agar serius menangani permasalahan tersebut. “Konflik antara dua desa ini sudah berulang-ulang kali terjadi. Artinya, ada ketidakseriusan pemerintah daerah dalam penyelesaian konflik itu," ungkapnya

“Hal itulah yang saat ini kita sayangkan," lanjutnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kepada pihak aparat penegak hukum, apabila terjadi tindakan kriminal agar pelakunya di hukum supaya menjadi efek jera kepala pelaku bentrok.

“Kalau tidak ada penindakan hukum, nanti tidak ada efek jera. Tapi memang upayakan dulu penyelesaian melalui adat antara kedua belah pihak itu," pungkasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments