Senin, 9 Desember 2019

Pansus DPRD Kota Jambi Sebut Data BLH Asal-asalan


Kamis, 06 Agustus 2015 | 11:45:53 WIB


Wakil Ketua Pansus DPRD Kota Jambi, Abdus Somad
Wakil Ketua Pansus DPRD Kota Jambi, Abdus Somad / dprdjambikota.go.id

JAMBI - Data yang disampaikan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jambi kepada Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Ruang Terbuka Hijau (RTH) membuat kaget anggota Pansus DPRD Kota Jambi. Pasalnya, data tersebut dianggap tidak masuk akal dan terkesan asal-asalan.

Wakil Ketua Pansus DPRD Kota Jambi, Abdus Somad, mengatakan pihaknya mempertanyakan data yang disampaikan BLH Kota Jambi. Sebab, dari data yang disampaikan BLH menyebutkan, RTH di Kota Jambi saat ini mencapai 2 ribu hektar.

"Itukan aneh, data dari mana. Masak kota memiliki RTH 2 ribu hektar,” kata Somad.

Dia menyebutkan, data yang disampaikan tersebut asal-asalan. Ini dibuktikan ketika ditanyakan dimana saja RTH tersebut, pihak BLH yang hadir saat hearing tidak mampu menunjukan lokasinya. “Datanya asal saji,” bebernya.

Bahkan Somad mengatakan, dalam hearing tersebut penyampaian pihak BLH dibantah oleh instansi lainnya. Menurutnya, pihak BLH tidak serius dalam membahas Ranperda RTH tersebut.

“Mungkin sawah yang lagi musim tanam, atau kebun warga juga disebutnya RTH,” tandasnya.

Ungkapan kekecewaan juga disampaikan anggota DPRD Kota lainnya, Sutiyono. Dia mengatakan, dalam hearing disebutkan pihak BLH ada kawasan RTH seluas 201 hektar di wilayah Jambi Timur. Namun ketika ditanyakan dimana lokasinya, perwakilan BLH mengaku tidak tahu.

“Kalau belum ada katakan belum ada, jangan asal disampaikan saja,” kata Sutiyono.

Menurut dia, kinerja seperti ini patut dipertanyakan. Dalam hearing saja bisa memberikan data yang asal-asalan, apa lagi dalam persoalan lain. “Kinerjanya patut dipertanyakan, asal-asalan,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments