Selasa, 24 November 2020

Alhamdulillah, Harga Pinang Tembus Rp 20 Ribu per Kg


Sabtu, 25 Juli 2015 | 14:45:14 WIB


Harga komoditi pinang mengalami kenaikan
Harga komoditi pinang mengalami kenaikan / dok/Metrojambi.com

MUARA SABAK - Harga komoditi pinang saat ini mencapai Rp 20 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini diprediksi akan terus terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

Kenaikan harga pinang ini sangat disyukuri petani, khususnya yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Pasalnya sebelumnya pinang hanya dijual Rp 17 ribu per kilogram, dan sempat turun menjadi Rp 14 ribu per kilogram.

Ponirah salah seorang warga Sabak Timur ketika dikonfirmasi mengatakan, dengan harga jual pinang tembus Rp 20 ribu per kilogram, para petani berbondong-bondong untuk menjual pinang mereka.

"Yang memiliki stok pinang kering cukup gembira dengan harga Rp 20 ribu per kilogram tersebut," kata Ponirah.

Namun sayangnya, kata Ponirah, ketika harga pinang melonjak naik, buah pinang yang dihasilkan tidak sebanyak ketika harga masih murah. Terlebih lagi dengan kondisi kemarau seperti saat sekarang ini.

"Buah kurang, bahkan ada juga yang mati," ujarnya.

Sementara itu Baser, salah seorang penampung pinang mengatakan, naiknya harga pinang dikarenakan cukup banyaknya permintaan dari luar provinsi jambi. "Permintaan banyak, stok kita kurang, sehinga sebagai agen kita sangat kewalahan," jelas Baser.

Menurut Baser, untuk mendapatkan stok pinang dengan naiknya harga cukup sullit. Dimana biasanya petani mau menjual pinang bulat, tapi saat ini petani memilih mengerjakan sendiri dengan mengaharapkan keuntungan lebih.

"Sulit, petani memilih mengerjakan sendiri,"beber Baser.

Tidak hanya harga pinang, Tandan Buash Segar (TBS) kelapa sawit juga mengalami kenaikan harga. Hanya saja harga tidak lebih menggembirakan seperti harga pinang.


"Meski naik tidak begitu memuaskan tetapi cukup membuat petani sawit terbantu," ujar Yadi, salah seorang pemilik kebun sawit di Tanjabtim.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments