Minggu, 8 Desember 2019

Banyak Sambungan Lepas, Penyaluran City Gas Macet Lagi


Kamis, 06 Agustus 2015 | 23:40:36 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Penyaluran city gas yang telah di-launching beberapa waktu lalu kembali mengalami kendala. Kali ini, 4 ribu sambungan yang ditarget akan dicapai akhir Agustus ini justru meleset dari perkiraan.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, Gamal Husin, mengatakan kendala yang terjadi adalah perubahan sistem dan meteran pada sambungan yang telah terpasang. "Ada perubahan sistem," sebut Gamal, Kamis 6/8).

Menurut Gamal, hingga saat ini penyaluran city gas yang berlokasi di Kelurahan Thehok baru terpasang 700 sambungan saja, pada 7 regulator sistem. Sementara yang tersedia ada 14 regulator sistem secara keseluruhan. "Kita sudah di regulator sistem 7, dari 14 regulator yang ada," sebutnya.

Dikatakannya lagi, masalah perubahan sistem tersebut dikarenakan adanya perubahan pada masyarakat. Disebutkannya, perubahan terjadi karena rumah masyarakat yang tadinya sederhana dan sudah dipasang sambungan, kini sudah jadi bangunan mewah. Dengan bagitu, jaringan meteran yang telah terpasang sebelumnya mengalami perubahan.

Selain itu, kata Gamal, sambungan juga telah banyak yang lepas. Akibatnya, dapat menyebabkan kebocoran dan dapat mengancam terjadi kebakaran besar. "Kalau berubah, bahayanya bisa bocor. Masalahnya mereka tidak melapor. Alasan mereka tidak melapor, karena tidak tahu dimana tempat mau melapor," pungkasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments