Sabtu, 29 Februari 2020

Awas! Kebakaran Lahan di Menhul Kini Ancam Permukiman Warga


Rabu, 19 Agustus 2015 | 20:39:15 WIB


Kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Mendahara Ulu, Tanjung Jabung Timur.
Kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Mendahara Ulu, Tanjung Jabung Timur. / Nanang Suratno

MUARA SABAK – Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu (Menhul), Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mulai mengancam warga setempat. Pasalnya, kebakaran lahan kini mulai mendekati permukiman warga di desa tersebut.

Kapolsek Menhul, Iptu Arief, saat dikonfirmasi mengatakan saat ini jarak antara lokasi kebakaran lahan dengan permukiman warga sekitar dua kilometer. “Sebenarnya api sudah bisa padam. Namun karena (yang terbakar, red) lahan gambut, petugas (pemadam, red) masih standby di lokasi,” kata Arief, Rabu (19/8).

Sementara itu Kabid Damkar Dinas Tata Kota Kabupaten Tanjabtim, AN Bahtiar, saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah dua hari berada di lokasi kebakaran lahan tersebut, namun belum dapat melakukan pemadaman secara keseluruhan. Dikatakan Bahtiar, pihaknya terkendala sumber air dan keterbatasan peralatan lainnya.

“Lokasi kebakaran ternyata masuk ke dalam perkebunan warga, sehingga selang air terpaksa harus disambung. Namun meski sudah tujuh sambungan, dengan panjang sekitar 140 meter, ternyata belum juga dapat menjangkau lokasi kebakaran secara keseluruhan,” bebernya.

Ditambahkan Bahtiar, untuk memadamkan api pihaknya juga dibantu oleh warga sekitar, dan pihak terkait lainnya. “Kita tetap berupaya semaksimal mungkin agar api tidak merambat ke pemukiman warga sekitar,” ujarnya.




Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments