Selasa, 25 Februari 2020

Kebakaran di Menhul Mulai Dekati Permukiman Warga


Kamis, 20 Agustus 2015 | 22:08:06 WIB


Terlihat kobaran api yang membakar lahan warga di Kecamatan Menhul, Tanjabtim.
Terlihat kobaran api yang membakar lahan warga di Kecamatan Menhul, Tanjabtim. / Nanang Suratno

MUARA SABAK – Kebakaran lahan di Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu (Menhul), Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), hingga saat ini masih terjadi. Meski sempat dipadamkan, namun kobaran api kembali muncul. Bahkan saat ini kobaran api mulai mendekati permukiman warga.

Camat Menhul, Hendri, saat dikonfirmasi mengatakan, pihak Manggala Agni bersama pemadam kebakaran (damkar) masih terus berupaya untuk memadamkan api dibantu oleh warga. Namun Hendri mengatakan, proses pemadaman api terkendala dengan terbatasnya persediaan air di sekitar lokasi kejadian.

“Warga tarpaksa harus menggali dan membuat bendungan untuk mendapatkan sumber air," kata Hendri, Kamis (20/8).

Sementara itu Ketua Regu Manggala Agni, Rico, mengatakan pihaknya memperkirakan api saat ini sudah membakar sekitar 200 hektar lahan warga di Desa Pematang Rahim. “Sejak satu minggu yang lalu hingga saat ini diperkirakan sudah 200 hektar lahan yang terbakar," kata Rico.

Kapolsek Menhul, Iptu Arief, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya juga mengerahkan personel untuk membantu pemadaman api. Sementara itu untuk penyebab kebakaran, Arief mengatakan pihaknya belum bisa memastikannya.

“Kita belum bisa menyimpulkan dari mana asal api. Saat ini kita masih fokus pemadaman, karena saat ini api sudah mendekati permukiman warga,” tandasnya.



Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments