Sabtu, 29 Februari 2020

Puntung Rokok Diduga Sebabkan Dua Hektar Lahan di Merangin Terbakar


Minggu, 23 Agustus 2015 | 21:57:46 WIB


Bupati Merangin ikut memadamkan api yang membakar lahan warga di Pamenang Barat.
Bupati Merangin ikut memadamkan api yang membakar lahan warga di Pamenang Barat. / Riki Saputra

BANGKO – Sedikitnya dua hektar lahan sawit milik warga di Desa Limbur Merangin, Kecamatan Pamenang Barat, Kabupaten Merangin, Minggu (23/8), terbakar. Informasi yang berhasil dirangkum, kebakaran lahan tersebut disebabkan adanya pengendara yang membuang puntung rokok sembarangan.

Lokasi kebakaran yang tepat di pinggir Jalan Lintas Sumatera, langsung menjadi perhatian warga. Bahkan warga yang panik langsung melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

“Dak tau jugo kito bang (penyebanya, red). Namun kuat dugaan api berasal dari puntung rokok," kata Riko, warga sekitar lokasi kejadian saat dikonfirmasi.

Kabid Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merangin, Achmad, saat dikonfirmasi juga menduga kebakaran lahan tersebut juga disebabkan puntung rokok yang dibuang sembarangan.

“Namun siapa oknumnya tidak diketahui dengan pasti, karena warga baru mengetahui lahannya terbakar setelah api sudah mulai membesar," ungkap Achmad.

Untuk memadamkan api, lanjut Acmad, pihaknya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. “Tadi Pak Bupati langsung sigap untuk menginstruksikan Damkar turun membantu warga memadamkan api. Dua mobil Damkar kita kerahkan. Tadi Pak Bupati juga ikut memadamkan api," tandasnya.




Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments