Rabu, 20 Maret 2019

Sepanjang 2015, Kepolisian Ringkus 20 Pelaku Pembakaran Lahan


Selasa, 08 September 2015 | 20:52:13 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Hardiyansyah

JAMBI – Sepanjang tahun 2015 ini, Kepolisian Daerah (Polda) Jambi dan jajaran telah menangani sebanyak delapan kasus pembakaran hutan maupun lahan. Dari delapan kasus yang ditangani tersebut, 20 orang pelaku berhasil diringkus.

Ini dikatakan Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Jambi, Kompol Wirmanto, saat dikonfirmasi. Disebutkannya, pengungkapan kasus paling banyak terjadi sepanjang Agustus hingga September 2015, dimana ada 4 kasus yang ditangani dengan pelaku yang diamankan berjumlah 10 orang.

“Terhitung sejak Januari hingga September 2015 ini, ada delapan kasus yang kita ungkap, dengan pelaku yang diamankan berjumlah 20 orang,” kata Wirmanto, Selasa (8/9).

Dikatakannya lagi, pengungkapan terhadap delapan kasus tersebut dilakukan berdasarkan laporan yang masuk. Sejauh ini, kata Wirmato, satu kasus sudah dilimpahkan, dan lima kasus dalam tahap penyidikan. Sementara itu dua kasus lainnya masih proses penyelidikan.

Lebih lanjut Wirmanto mengatakan, delapan kasus pembakaran hutan dan lahan yang diungkap tersebut yakni di wilayah Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Muaro Jambi, dan Tebo.

“Motifnya yakni membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar,” pungkasnya.




Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments