Senin, 16 Desember 2019

Pemadaman Difokuskan di Batas Jambi-Sumsel


Kamis, 10 September 2015 | 11:15:36 WIB


Helikopter yang dipersiapkan untuk melakukan water bombing
Helikopter yang dipersiapkan untuk melakukan water bombing / Anton

JAMBI – Dua helikopter water bombing dan satu pesawat air tractor, Rabu (9/9) kemarin, kembali dioperasi untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi. Untuk helikopter difokuskan melakukan pemadaman api lewat udara di perbatasan Jambi-Sumsel.

Lokasi tersebut dipilih karena dinilai merupakan penyumbang asap yang mengarah dan lebih dekat dengan Bandara Sultan Thaha Jambi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Arif Munandar mengatakan, pemadaman di perbatasan Jambi-Sumsel tersebut tepatnya di wilayah Medak, Kabupaten Muba, untuk menghindari asap sampai ke Bandara Jambi.

“Dua unit helikopter kita kerahkan dan fokus memadamkan api di wilayah itu. Karena wilayah kebakaran di Kabupaten Muba dekat dengan Bandara Jambi," kata Arif, saat dikonfirmasi melalui telepon.

Asap kebakaran lahan dan hutan di perbatasan Jambi-Sumsel, lanjut Arif, menghasilkan asap pekat yang langsung mengarah ke Bandara Sultan Thaha Jambi. Akibatnya jarak pandang di bandara belakangan terakhir nyaris selalu di bawah 1.000 meter.

"Dua unit helikopter yang dikerahkan itu yakni MI 17 dan Super Puma. Dua helikopter water bombing itu mulai terbang dari Bandara Jambi pukul 13.00 WIB," ungkapnya

Sedangkan satu unit pesawat lainnya berjenis air tractor, kata Arif, difokuskan memadamkan api di Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments