Minggu, 8 Desember 2019

Catat! Tebang 1, Ganti 100 Pohon


Kamis, 10 September 2015 | 11:21:07 WIB


Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jambi, Evi Primawaty
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jambi, Evi Primawaty / Amril Hidayat

JAMBI - Pelebaran jalan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi di Jalan Arif Rahman Hakim, Telanaipura, ternyata menyisakan masalah. Pasalnya, akibat pelebaran jalan tersebut tidak sedikit pohon yang ditebang.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH)  Kota Jambi, Evi Primawaty, mengatakan secara aturan memang dilarang untuk asal tebang pohon yang ada di pinggir jalan. Kalaupun harus ditebang, maka diwajibkan ada penggantian

“Jika memang ditebang ada sanksinya. Ditebang 1 pohon harus diganti 100 pohon,” sebutnya.

Untuk pelebaran Jalan Arif Rahman Hakim, Evi mengatakan pihaknya mencatat ada 19 pohon yang akan ditebang dari berbagai jenis. Atas masalah ini, pihaknya sudah menyurati Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi.

“Tembusannya ke Gubernur dan Walikota. Tapi belum dibalas hingga saat ini,” kata Evi.

Ke depan, sambung Evi, pihaknya akan mengupayakan supaya pohon-pohon yang berada di sepanjang jalan untuk di data lengkap. Sejauh ini, kata Evi, yang terdata sudah 2.400 pohon.

Evi mengatakan, ketiadaan Peraturan Daerah juga menyulitkannya memberi sosialisasi kepada warga maupun kalangan usaha ihwal pentingnya keberadaan pohon. Dia mengakui, masih ada sejumlah warga yang menebang pohon secara sepihak tanpa sepengetahuan Pemkot Jambi.

"Pohon yang berada di ruang publik seperti di pinggir jalan semestinya tidak boleh asal ditebang. Harus ada pemberitahuan,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments