Sabtu, 14 Desember 2019

Upaya Hujan Buatan Terkendala Awan


Minggu, 13 September 2015 | 22:32:48 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Arif Munandar, mengatakan bahwa realisasi dan usaha untuk melakukan hujan buatan di langit Jambi masih belum dapat dilakukan. Saat ini, kata Arif, masih terkendala dengan potensi awan yang sangat sedikit di langit Jambi.

“Hujan buatan yang direncanakan sejak awal masih terkendala kondisi awan kita yang tidak memungkinkan," kata Arif, Minggu (13/9).

Sementara itu, kata Arif, tiga unit helikopter water bombing telah melakukan bom air ke titik api sebanyak 250 kali. Namun Arif mengatakan, ini belum dapat mengatasi kobaran api secara total, karena berbagai kendala di bandara Jambi.

“Sejauh ini, dua heli water bombing, disusul satu yang belum lama datang, sudah sekitar 250 kali melakukan pengeboman air melalui udara," sebut Arif.

Sementara itu terkait kurangnya kondisi awan di langit Jambi untuk dilakukan hujan buatan, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, Nurangesti, saat dihubungi, berdasarkan pantauan satelit maupun data radar, awan di langit Jambi memang belum terpantau. Bahkan kondisi demikian masih akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

“Menurut pantauan kami, awan di langit kita memang belum ada untuk dilakukan hujan buatan," kata Nurangesti. “Awan-awan konfektif itu belum ada" tambahnya.

Menurut Nurangesti, hujan di Jambi diperkirakan baru akan turun pada awal Oktober hingga November 2015. Bahkan hujan ringan diprediksi sudah terjadi pada akhir bulan September ini.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments