Senin, 27 Juni 2022

Berkas Pemeriksaan Kasus Illegal Logging Tahap Satu

Senin, 14 September 2015 | 15:51:27 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Berkas pemeriksaan terhadap enam orang tersangka kasus illegal logging yang beberapa waktu lalu ditangkap tim gabungan dari kepolisian dan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, telah dirampungkan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi.

Belum lama ini, berkas pemeriksaan juga sudah dilimpahkan tahap satu ke kejaksaan untuk diteliti. Ini dikatakan Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Jambi, Kompol Wirmanto, saat dikonfirmasi.

"Berkas pemeriksaan belum lama ini sudah tahap satu," kata Wirmanto, Senin (14/9).

Ditambahkan Wirmanto, saat ini penyidik masih menunggu petunjuk jaksa untuk perkembangan berkas, apakah sudah bisa dinyatakan lengkap atau masih ada kekurangan. "Saat ini penyidik masih menunggu petunjuk jaksa," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, enam orang tersangka yang ditangkap adalah Bahusin, Muhamad Tamzis, Irji Saputra Hidayat, Tejo, Budi Hartono, dan Raden Herman. Selain keenam tersangka, juga diamankan barang bukti 5 unit mesin chainsaw, 4 unit sepeda motor, 1 unit mesin genset, dan 4 buku catatan atau nota pembelian.

Keenam tersangka dijerat dengan pasal 84 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Adapun ancaman hukumannya yakni, minimal 1 tahun penjara dan maksimal 5 tahun, serta denda minimal Rp 500 juta dan maksimal Rp 2,5 miliar.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments