Minggu, 22 September 2019

Alamak! Puluhan Jamaah Haji Jambi Jadi Korban Perampokan


Selasa, 15 September 2015 | 10:57:24 WIB


CJH Jambi yang tergabung dalam kloter 17 saat menunggu kepastian keberangkatan di Bandara Sultan Thaha Jambi, beberapa waktu lalu
CJH Jambi yang tergabung dalam kloter 17 saat menunggu kepastian keberangkatan di Bandara Sultan Thaha Jambi, beberapa waktu lalu / Hendro

JAMBI - Puluhan jamaah haji asal Jambi menjadi korban perampokan di Tanah Suci Makkah. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Herman.

"Dari laporan lisan yang sudah kita terima, lebih dari 50-an orang jamaah kita yang menjadi korban perampokan," kata Herman.

Terkait kejadian ini, Herman mengatakan jika Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) asal Indonesia telah memberikan imbauan kepada seluruh jamaah haji asal Indonesia, khususnya dari Provinsi Jambi, untuk tidak membawa uang dalam jumlah banyak.

Sebelumnya, hal tersebut juga sudah disampaikan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, M Thahir, saat CJH masih melaksanakan rangkaian menasik haji.

"Pak Kanwil (M Thahir, red) dan saya sudah sering mengingatkan, jangan bawa uang yang banyak, karena di Makkah sekarang bahaya, banyak rampok," ujar Herman.

Terkait kejadian ini, pihak PPIH ataupun petugas kloter di Makkah tidak bisa berbuat apa-apa. Dikatakan Herman, mereka hanya bisa mengajak jamaah haji untuk bersabar atas kejadian ini. "Aturan penggantian ada, tapi di saat jamaah berada di dalam Maktab, dan kehilangannya di Maktab. Tapi kalau di luar Maktab, tidak ada penggantian, dan itu tanggung jawab jamaah sendiri," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments