Selasa, 17 September 2019

384 Hektar Sawah di Kota Jambi Puso


Selasa, 20 Oktober 2015 | 10:18:17 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Kemarau panjang yang melanda Kota Jambi menyebabkan ratusan hektar lahan persawahan mengalami kekeringan, dan dipastikan gagal panen atau puso.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Kehutanan (Distan) Kota Jambi, Rita Ningsi, mengatakan lahan yang gagal panen luasnya sekitar 384,5 hektar dari luas lahan sawah di Kota Jambi.

Menurut Rita, usia tanamannya sudah di atas 70 hari, namun dikarenakan kekeringan menyebabkan gagal panen. Dikatakannya lagi, data tersebut berdasarkan laporan dari petugas pengamat hama pertanian di lima kecamatan, yakni Telanaipura, Danau Teluk, Pelayangan, Jambi Selatan, dan Jambi Timur.

Rita menyebutkan, di Kecamatan Telanaipura lahan yang mengalami gagal panen seluas 50 hektar, Danau Teluk 194 hektar, Pelayangan 97 hektar, Jambi Timur 40,5 hektar, dan Jambi Selatan 3 hektar.

Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Kota Jambi mengklaim telah memberikan bantuan pompa air kepada petani. "Namun sumber air untuk mengaliri sawah itu tidak ada, sehingga puso tidak dapat dielakkan," jelasnya.

Untuk tanaman padi yang mengalami puso itu, Rita mengatakan pihaknya belum bisa memastikan apakah akan diberikan bantuan ganti rugi. Pasalnya, untuk ganti rugi atau asuransi itu kewenangannya pada Dinas Pertanian Provinsi Jambi.

"Kita diminta persiapan untuk mencatat by name by addres petani yang lahannya gagal panen. Dan untuk bantuannya secara pasti kita belum tahu," tandasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments